Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas muamalat DIN terhadap
tingkat kepuasan nasabah pada Bank Muamalat Cabang Pontianak. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data dianalisis
menggunakan analisis efektivitas menurut teori Wachidatus Sa”diyah, Novi Marlena,
(2018).
Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem Digital Islamic Network di Bank
Muamalat Cabang Pontianak pada pemahaman program masih kurang efektif
karena minimnya sosialisasi dan pemberitahuan yang dilakukan pihak Bank
muamalat serta rendahnya keingintahuan nasabah tentang program-program yang
ada. Pada tepat sasaran pembaharuan fitur-fitur di aplikasi DIN ini masih banyak
yang kurang merasakan efektifitasnya. Pada tepat waktu tidak semua nasabah
merasakan layanan lebih cepat dan efektif, Seperti lamanya waktu transfer dan
gangguan-gangguan dalam pemakaian fitur-fitur yang tersedia. Pada pencapaian
tujuan masih kurang efektif dilihat dari beberapa nasabah yang masih takut
memakai fitu-fitur aplikasi tanpa bantuan pihak bank dan dari segi perubahan
nyata nasabah yang belum terbiasa. Pada perubahan nyata masih kurang, nasabah
kesusahan dalam penyusuaian serta fasilitas yang kurang sehingga tidak
menjadikan ini optimal serta persyratan regristrasi yang rumit.