Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan bauran
pemasaran produk penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang
Pontianak; 2) penerapan bauran pemasaran produk penyaluran dana pada PT. Bank
Muamalat Indonesia Cabang Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan
teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi dan member chek.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil yaitu: (1) Penerapan
bauran pemasaran produk penghimpunan dana yang dilakukan oleh PT. Bank
Muamalat Indonesia Cabang Pontianak adalah: a) Product, yaitu memberikan
manfaat dari produk penghimpunan dana sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
nasabah yang beragam. b) Price, yaitu menentukan harga tergantung dengan
fasilitas dan benefit yang akan didapat oleh nasabah. c) Place, yaitu menempatkan
lokasi yang strategis. d) Promotion, yaitu melalui promosi periklanan, promosi
penjualan, promosi publisitas, dan promosi penjualan pribadi. e) People, yaitu
memberikan pelayanan dengan baik, cepat, tanggap, ramah, dan komunikatif. f)
Process, yaitu memberikan segala proses dengan baik, komunikatif, mudah, dan
juga teliti. g) Physical Evidence, yaitu memberikan lingkungan kantor bersih,
nyaman, serta tersedianya sarana yang mendukung agar nasabah nyaman dan tidak
merasa bosan saat berada di dalam ruangan. (2) Penerapan bauran pemasaran
produk penyaluran dana yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia
Cabang Pontianak adalah: a) Product, yaitu memberikan manfaat dari produk
penyaluran dana sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah yang beragam. b)
Price yaitu dalam menetapkan margin dengan memperhatikan harga jual di pasar
dan bank lain. c) Place yaitu menempatkan lokasi yang strategis. d) Promotion
yaitu melalui promosi periklanan, promosi penjualan, promosi publisitas, dan
promosi penjualan pribadi. e) People yaitu memberikan pelayanan dengan baik,
cepat, tanggap, ramah, dan komunikatif. f) Process yaitu memberikan segala proses
dengan baik, komunikatif, mudah, dan juga teliti. g) Physical Evidence yaitu
memberikan lingkungan kantor bersih, nyaman, serta tersedianya sarana yang
mendukung agar nasabah nyaman dan tidak merasa bosan saat berada di dalam
ruangan.