IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PRODUK PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Ilmi, Syaiful
dc.contributor.author Marisa, Marisa
dc.date.accessioned 2023-06-22T04:51:55Z
dc.date.available 2023-06-22T04:51:55Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3237
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan bauran pemasaran produk penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pontianak; 2) penerapan bauran pemasaran produk penyaluran dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi dan member chek. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil yaitu: (1) Penerapan bauran pemasaran produk penghimpunan dana yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pontianak adalah: a) Product, yaitu memberikan manfaat dari produk penghimpunan dana sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah yang beragam. b) Price, yaitu menentukan harga tergantung dengan fasilitas dan benefit yang akan didapat oleh nasabah. c) Place, yaitu menempatkan lokasi yang strategis. d) Promotion, yaitu melalui promosi periklanan, promosi penjualan, promosi publisitas, dan promosi penjualan pribadi. e) People, yaitu memberikan pelayanan dengan baik, cepat, tanggap, ramah, dan komunikatif. f) Process, yaitu memberikan segala proses dengan baik, komunikatif, mudah, dan juga teliti. g) Physical Evidence, yaitu memberikan lingkungan kantor bersih, nyaman, serta tersedianya sarana yang mendukung agar nasabah nyaman dan tidak merasa bosan saat berada di dalam ruangan. (2) Penerapan bauran pemasaran produk penyaluran dana yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pontianak adalah: a) Product, yaitu memberikan manfaat dari produk penyaluran dana sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah yang beragam. b) Price yaitu dalam menetapkan margin dengan memperhatikan harga jual di pasar dan bank lain. c) Place yaitu menempatkan lokasi yang strategis. d) Promotion yaitu melalui promosi periklanan, promosi penjualan, promosi publisitas, dan promosi penjualan pribadi. e) People yaitu memberikan pelayanan dengan baik, cepat, tanggap, ramah, dan komunikatif. f) Process yaitu memberikan segala proses dengan baik, komunikatif, mudah, dan juga teliti. g) Physical Evidence yaitu memberikan lingkungan kantor bersih, nyaman, serta tersedianya sarana yang mendukung agar nasabah nyaman dan tidak merasa bosan saat berada di dalam ruangan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject Produk Penghimpunan Dana en_US
dc.subject Produk Penyaluran Dana en_US
dc.title IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PRODUK PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account