Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui pemanfataan ebanking bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Sungai Bangkong.
2) Mengetahui dampak penggunaan e-banking terhadap peningkatan bagi pelaku
Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Sungai Bangkong.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua
yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapat melalui
wawancara kepada narasumber seperti pelaku UMKM dan konsumen yang
menggunakan e-banking dan sumber data sekunder didapat melalui catatan profil
kelurahan yang sudah dibukukan serta buku-buku yang berkaitan dengan penelitian
ini. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Kemudian untuk
mendapatkan hasil penelitian yang valid peneliti menggunakan metode teknik
analisis data yaitu reduksi data, display data (penyajian data), consusion
drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi)
Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaku UMKM di Kelurahan Sungai
Bangkong menggunakan e-banking sebagai alat transaksi pembayaran, sebagian
besar pembayaran e-banking dengan memanfaatkan layanan m-banking ini adalah
konsumen yang berbelanja melalui online, namun juga tidak sedikit konsumen yang
melakukan pembayaran melalui e-banking secara langsung. Tidak hanya
menjadikan e-banking sebagai alat transaksi, e-banking juga dijadikan tempat
penyimpanan uang tersendiri untuk usaha mereka dengan layanan ATM. ATM ini
tidak hanya berfungsi sebagai penarikan tunai namun memudahkan pelaku UMKM
untuk melakukan setor tunai ke rekening secara mandiri tanpa harus ke bank
terlebih dahulu. 2) Dampak Penggunaan E-banking Terhadap Peningkatan
Pendapatan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dapat meningkatkan
pendapatan bagi pelaku UMKM karena ada beberapa alasan meningkatnya
pendapatan UMKM melalui e-banking yaitu, efisiensi waktu dan memudahkan
transaksi jual beli. Dengan berbagai jenis layanan e-bangking yang paling sering
digunakan seperti mobile banking, ATM, Internet Banking. Semakin mudah
konsumen melalukan transaksi yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
membuat konsumen melakukan transaksi berulang. Selain itu sekarang sudah
banyak UMKM yang bergabung menjadi mitra e-commerce yang membuka lapak
untuk penjualan seperti shoppe, gojek, grab dan sebagainya. Yang dimana jika
bergabung menjadi e-commerce tersebut transaksi jual beli dilakukan secara online
dan pembayaran juga melalui e-banking.