Abstract:
Lembaga Pendidikan adalah wadah atau tempat untuk mentransformasikan
ide, norma, nilai, sikap, dan perilaku di kalangan siswa secara terstruktur, formal,
dan informal dalam sistem pendidikan nasional. Nilai-Nilai Pendidikan agama
Islam adalah sumber dari ajaran Islam yang terdapat dalam kitab suci al-quran dan
hadits Nilai-nilai religius merupakan bentuk perwujudan sikap religius yang
menunjukkan kualitas hidup tidak pernah lepas dari ajaran agama Islam. hal ini
terlihat dalam aktivitasnya seperti menjalankan ritualitas (ibadah), sosial,
maupaun tradisi dan buadaya. Sebagai sorang pendidik, para guru bertanggung
jawab memberikan dan memamkan nilai tauhid, nilai alhlak dan nilai moral,
dalam membentuk dan memperkuat sikap religius kepada siswa. Maka diperlukan
intenalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk penguatkan sikap religius
dan pribadi peserta didik yang agamis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan: (1)
Perencanaan Program Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk
Menguatkan Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang. (2)
Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan
Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang. (3) Evaluasi
Program Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan
Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu:
wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk internalisasi nilai-nilai
pendidikan agama islam untuk menguatkan sikap religius siswa Madrasah
Ibtidaiyahn Negeri 1 Sintang, melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas,
melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan madrasah. (2) Poses internalisasi
nilai-nilai pendidikan agama islam untuk menguatkan sikap religius siswa
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang, dilakukan melalui: tahapan transformasi
nilai, tahapan transaksi nilai, dan tahapan transinternalisasi nilai. (3) evaluasi dan
dampak program kegiatan yang telah dijalankan berupa soal-soal ulangan harian
dan semester.