PROGRAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGUATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.author Zohri, Zohri
dc.date.accessioned 2023-06-20T06:42:07Z
dc.date.available 2023-06-20T06:42:07Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3214
dc.description.abstract Lembaga Pendidikan adalah wadah atau tempat untuk mentransformasikan ide, norma, nilai, sikap, dan perilaku di kalangan siswa secara terstruktur, formal, dan informal dalam sistem pendidikan nasional. Nilai-Nilai Pendidikan agama Islam adalah sumber dari ajaran Islam yang terdapat dalam kitab suci al-quran dan hadits Nilai-nilai religius merupakan bentuk perwujudan sikap religius yang menunjukkan kualitas hidup tidak pernah lepas dari ajaran agama Islam. hal ini terlihat dalam aktivitasnya seperti menjalankan ritualitas (ibadah), sosial, maupaun tradisi dan buadaya. Sebagai sorang pendidik, para guru bertanggung jawab memberikan dan memamkan nilai tauhid, nilai alhlak dan nilai moral, dalam membentuk dan memperkuat sikap religius kepada siswa. Maka diperlukan intenalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk penguatkan sikap religius dan pribadi peserta didik yang agamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan: (1) Perencanaan Program Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang. (2) Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang. (3) Evaluasi Program Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan Sikap Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam untuk menguatkan sikap religius siswa Madrasah Ibtidaiyahn Negeri 1 Sintang, melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas, melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan madrasah. (2) Poses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam untuk menguatkan sikap religius siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sintang, dilakukan melalui: tahapan transformasi nilai, tahapan transaksi nilai, dan tahapan transinternalisasi nilai. (3) evaluasi dan dampak program kegiatan yang telah dijalankan berupa soal-soal ulangan harian dan semester. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Penguatkan Sikap Religius en_US
dc.title PROGRAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGUATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SINTANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account