Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena telah terjadinya wabah Covid-
19 yang menyebabkan proses pembelajaran mengalami perubahan dari
Offline menjadi Online, sehingga membutuhkan perhatian yang ekstra dan
kerjasama orang tua dan guru dalam proses pembelajaran. Semestinya orang
tua dapat menjalankan peran nya sebagai orang tua yang membantu guru
dalam pendidikan anaknya namun kenyataannya orang tua belum maksimal
menjalankan perannya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan
tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2021-
2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan
pendekatan kuantitatif. Sumber datanya adalah peserta didik kelas 3 dengan
jumlah 28 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan datanya kuesioner dan
teknik pengukuran dengan alat pengumpulan datanya soal pilihan ganda.
Sebelum dilakukan analisis data instrumen diuji validitas dan reliabilitas.
Kemudian dilakukan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat dan
uji hipotesisis yang menggunakan rumus uji regresi linier sederhana yang
dibantu menggunakan aplikasi SPSS 22
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhatian orang tua masuk
kedalam kategori tinggi dengan persentase 70,4%. Hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu terdapat 53% peserta didik
yang mencapai nilai KKM dan 47% peserta didik yang tidak mencapai nilai
KKM, nilai rata rata secara keseluruhan yaitu 75,26. Hasil uji hipotesis
mendapatkan nilai signifikansi 0,139 > 0,05 yang berarti tidak
berpengaruhnya perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2021-
2022.