Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan keagamaan yang
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukadana, serta fungsi dan peran kegiatan
tersebut sehingga berdampak tidaknya terhadap karakter religius siswa di
SMA Negeri 1 Sukadana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1) Kegiatan keagamaan rutin yang ada di SMA Negeri 1
Sukadana, 2) Peranan kegiatan keagamaan rutin dalam meningkatkan
karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Sukadana, 3) Faktor yang
menghambat pelaksanaan kegiatan keagamaan rutin dalam meningkatkan
karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Sukadana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten
Kayong Utara. Sumber data primer yang didapatkan dalam penelitian,
diperoleh dari pengamatan dan wawancara kepada kepala sekolah, waka
kurikulum, guru PAI dan dua orang siswa-siswi, sumber data sekunder yang
didapatkan dalam penelitian ini diperoleh dari buku dan sumber lain seperti
jurnal yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan maupun karakter
religius. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan
data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, 1) Kegiatan keagamaan rutin
yang ada di SMA Negeri 1 Sukadana teridiri dari tiga yaitu shalat Dzuhur
berjama’ah, pembacaan Asma’ul Husna setiap pagi dan kegiatan yasinan di
hari Jum’at, 2) Kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Sukadana dapat
dikatakan berperan dalam meningkatkan karakter religius siswa karena
ditinjau dari dampak yang didapatkan dari kegiatan tersebut seperti siswa
menjadi terbiasa untuk melaksanakan perintah agama yaitu shalat, membaca
al-Qur’an sehingga dapat memperlancar bacaan siswa, beberapa siswa juga
menjadi hapal Asma’ul Husna serta siswa juga terlatih untuk memberikan
kultum atau ceramah di depan orang banyak, 3) Faktor yang menghambat
di antaranya yaitu dari segi pelaksanaan kegiatan yaitu minimnya fasilitas,
cuaca, kemudian juga masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin dan
tidak serius dalam mengikuti kegiatan sehingga pembentukan karakter
masih belum maksimal.