Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap SMK
Panca Bhakti Sungai Raya yang melaksanakan pembelajaran PAI menggunakan
model discovery learning dalam tahapan persiapan, pelaksanaan dan kendala
dalam menerapkan model discovery learning. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengungkap: (1) persiapan model discovery learning dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (2) pelaksanaan model discovery learning dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (3) kendala tahapan pelaksanaan model
discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan
penelitian menggunakan kualitatatif. Sedangkan setting penelitian ini bertempat
di SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara semi terstruktur dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data peneliti gunakan adalah member check,
triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu display data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persiapan model discovery
learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan
dengan baik oleh guru PAI dalam pembelajaran (2) pelaksanaan model discovery
learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan
dengan baik oleh guru PAI dalam pembelajaran (3) kendala tahapan pelaksanaan
model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu
secara internal masih banyak siswa yang belum paham mengenai model
pembelajaran discovery learning sehingga pelaksanaannya masih terhambat serta
masih banyak siswa yang pemalu untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya, eksternal yakni keterbatasan waktu yang belum bisa diefisienkan
oleh guru sehingga pembelajaran discovery learning tidak selesai dan dilanjutkan
pekan depan.