PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.author Anasia, Rida Kholifah
dc.date.accessioned 2023-06-19T01:20:37Z
dc.date.available 2023-06-19T01:20:37Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3203
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap SMK Panca Bhakti Sungai Raya yang melaksanakan pembelajaran PAI menggunakan model discovery learning dalam tahapan persiapan, pelaksanaan dan kendala dalam menerapkan model discovery learning. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) persiapan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (2) pelaksanaan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (3) kendala tahapan pelaksanaan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian menggunakan kualitatatif. Sedangkan setting penelitian ini bertempat di SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik keabsahan data peneliti gunakan adalah member check, triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu display data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persiapan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru PAI dalam pembelajaran (2) pelaksanaan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru PAI dalam pembelajaran (3) kendala tahapan pelaksanaan model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu secara internal masih banyak siswa yang belum paham mengenai model pembelajaran discovery learning sehingga pelaksanaannya masih terhambat serta masih banyak siswa yang pemalu untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, eksternal yakni keterbatasan waktu yang belum bisa diefisienkan oleh guru sehingga pembelajaran discovery learning tidak selesai dan dilanjutkan pekan depan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account