Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: untuk mendeskripsikan tentang, 1.
Strategi yang Digunakan dalam Model Active Learning pada Pembelajaran Akidah
Akhlak Kelas XI di MAN 1 Sanggau. 2. Penerapan Model Active Learning pada
Pemebelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 1 Sanngau Tahun Ajaran
2022/2023.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatakan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata
pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Sanggau dan dokumen pembelajaran (RPP).
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah keabsahan data, peneliti
menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi yang digunakan dalam
model acitve learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1
Sanggau tahun ajaran 2022/2023 yaitu menggunakan metode diskusi dengan
strategi the power of two. Tujuan dipilihnya model active learning dengan strategi
the power of two agar siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, yang dimana
permasalahan yang terjadi di kelas, banyak siswa yang tidak aktif, masih pasif
dalam pembelajaran, hanya beberapa siswa saja yang terlibat aktif dalam diskusi.
strategi lainnya hanya interactive lecturing, metode ceramah yang divariasikan
dengan tanya jawab. 2. Penerapan model active learning dalam pembelajaran
Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Sanggau Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu: a)
kegiatan awal, guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang akan
dibahas. b) kegiatan inti, guru membagi kelompok berpasangan dengan teman
duduk di sampingnya untuk mendiskusikan pertanyaan yang telah guru berikan.
Kemudian pada saat presesntasi diwakilakn oleh satu orang dalam kelompok
tersebut untuk mempresentasikan hasil diskusinya. c) kegiatan penutup, guru
memberikan klarifikasi terkait hasil diskusi siswa.