PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN 1 SANGGAU TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Hidayat, Ibnu Adji
dc.date.accessioned 2023-06-16T01:44:07Z
dc.date.available 2023-06-16T01:44:07Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3190
dc.description.abstract Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: untuk mendeskripsikan tentang, 1. Strategi yang Digunakan dalam Model Active Learning pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 1 Sanggau. 2. Penerapan Model Active Learning pada Pemebelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 1 Sanngau Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatakan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Sanggau dan dokumen pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi yang digunakan dalam model acitve learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Sanggau tahun ajaran 2022/2023 yaitu menggunakan metode diskusi dengan strategi the power of two. Tujuan dipilihnya model active learning dengan strategi the power of two agar siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, yang dimana permasalahan yang terjadi di kelas, banyak siswa yang tidak aktif, masih pasif dalam pembelajaran, hanya beberapa siswa saja yang terlibat aktif dalam diskusi. strategi lainnya hanya interactive lecturing, metode ceramah yang divariasikan dengan tanya jawab. 2. Penerapan model active learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Sanggau Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu: a) kegiatan awal, guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang akan dibahas. b) kegiatan inti, guru membagi kelompok berpasangan dengan teman duduk di sampingnya untuk mendiskusikan pertanyaan yang telah guru berikan. Kemudian pada saat presesntasi diwakilakn oleh satu orang dalam kelompok tersebut untuk mempresentasikan hasil diskusinya. c) kegiatan penutup, guru memberikan klarifikasi terkait hasil diskusi siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan Model Pembelajaran en_US
dc.subject Active Learning en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN 1 SANGGAU TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account