Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang upaya
guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX pada mata
pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar
Kabupaten Mempawah Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis upayaupaya yang dilakukan oleh guru al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didiknya. Terutama peserta didik yang berada di
kels IX di MTs Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Kabupaten Mempawah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil
latar belakang MTs Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar. Pengumpulan data
dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang
berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan member chek
dan triangulasi, yaitu proses pengecekan dengan cara menanyakan ulang
kepada informan tetang garis besar permasalahan yang diajukan dan
melakukan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara membandingbandingkan antara sumber, teori, maupun metode/teknik penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru
al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain adalah
dengan menyajikan dan menyampaikan materi al-Qur’an Hadis menjadi
lebih menarik dan menyenangkan, serta meningkatkan performance dan
ketegasan saat mengajar di dalam kelas. Adapun hasil upaya yang dilakukan
guru al-Qur’an Hadis ialah peserta didik menjadi lebih bersemangat dan
termotivasi dalam belajar al-Qur’an Hadis, serta hasil belajar peserta didik
menjadi meningkat.