Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui
Perencanaan Pembelajaran Shalat Siswa Kelas VII MTs Al-Mas’udiyah. 2)
Mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Shalat Siswa Kelas VII MTs AlMas’udiyah. 3) Mengetahui Evaluasi Pembelajaran Shalat Siswa Kelas VII
MTs Al-Mas’udiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif (interactive model
of analysis). Dalam penelitian metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan
data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif, dengan
menggunakan metode berikut, yaitu metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dengan menggunakan metode ini peneliti akan menganalisis
data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan Pembelajaran Shalat Bagi
Siswa Kelas VII MTs Al-Mas’udiyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) merencanakan kegiatan
pembelajaran ini meliputi memahami karakteristik peserta didik, dan
memahami gaya belajar dan kemampuan peserta didik, serta mengembangkan
silabus dan menyusun RPP, 2) melaksanakan pembelajaran dengan melakukan
kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan 3) melaksanakan
evaluasi pembelajaran yaitu dengan mencoba menyesuaikan data objektif dari
awal hingga akhir pelaksanaan pembelajaran sebagai dasar penilaian terhadap
tujuan pembelajaran. Dengan demikian, maka akan terciptalah lingkungan
pembelajaran yang kondusif. Sehingga tujuan pembelajaran pun bisa tercapai
dengan baik.