Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengehtahui:, 1) Untuk mengetahui akhlak yang
dibina melalui pembelajaran Akidah Akhlak mulia pada peserta didik kelas
kelas 3A di MIN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023. 2) Untuk mengetahui
metode yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan
akhlak mulia siswa kelas 3A di MIN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang
penyajian datanya berupa narasi atau cerita yang dihasilkan dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di lokasi penelitian.
Berdasarkan dari observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan
hasil yang didapatkan sebagai berikut: 1) Didalam upaya guru dalam
pembinaan akhlak peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak, materi
yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran aqidah akhlak tersebut adalah
tentang akhlak terpuji yang ada di dalam bab 4 buku LKS aqidah akhlak kelas
3, di dalam bab itu terdapat beberapa sub materi yang mengajarkan tentang:
Taat terhadap Allah swt, Syukur Nikmat, Taat terhadap Rasul dan Taat
terhadap orang tua/ guru. 2) Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan
pembiasaan merupakan cara yang sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai
moral ke dalam jiwa anak. Nilai-nilai yang tertanam dalam dirinya ini
kemudian akan termanifestasikan dalam kehidupannya semenjak ia mulai
melangkah ke usia remaja dan dewasa. Selain pembiasaan, metode lainnya
adalah metode memberikan reward atau sanksi jika peserta didik melanggar
aturan yang ada, Metode pemberian reward atau sangsi ini dapat dilakukan
secara langsung maupun tidak langsung, sebagai guru pendidikan Agama Islam
harus memiliki inisiatif untuk dapat mengatasi tingkah laku peserta didik yang
kurang baik guna memeberi efek jera terhadap peserta didik tersebut.