UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS 3A DI MIN 3 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Bhakti, Derry Indie
dc.date.accessioned 2023-06-15T03:58:07Z
dc.date.available 2023-06-15T03:58:07Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3181
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk mengehtahui:, 1) Untuk mengetahui akhlak yang dibina melalui pembelajaran Akidah Akhlak mulia pada peserta didik kelas kelas 3A di MIN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023. 2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak mulia siswa kelas 3A di MIN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang penyajian datanya berupa narasi atau cerita yang dihasilkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di lokasi penelitian. Berdasarkan dari observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan hasil yang didapatkan sebagai berikut: 1) Didalam upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak, materi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran aqidah akhlak tersebut adalah tentang akhlak terpuji yang ada di dalam bab 4 buku LKS aqidah akhlak kelas 3, di dalam bab itu terdapat beberapa sub materi yang mengajarkan tentang: Taat terhadap Allah swt, Syukur Nikmat, Taat terhadap Rasul dan Taat terhadap orang tua/ guru. 2) Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan pembiasaan merupakan cara yang sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral ke dalam jiwa anak. Nilai-nilai yang tertanam dalam dirinya ini kemudian akan termanifestasikan dalam kehidupannya semenjak ia mulai melangkah ke usia remaja dan dewasa. Selain pembiasaan, metode lainnya adalah metode memberikan reward atau sanksi jika peserta didik melanggar aturan yang ada, Metode pemberian reward atau sangsi ini dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, sebagai guru pendidikan Agama Islam harus memiliki inisiatif untuk dapat mengatasi tingkah laku peserta didik yang kurang baik guna memeberi efek jera terhadap peserta didik tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject Akhlak Mulia en_US
dc.subject Pembelajaran Aqidah Akhlak en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS 3A DI MIN 3 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account