Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan keterampilan peserta didik
dalam menuliskan huruf hijaiyah bersambung yang masih rendah bahkan jauh dari
nilai KKM (<70). Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang
kurang optimal di dalam kelas. Guru cenderung menggunakan media
konvensional seperti buku paket dan papan tulis, sedangkan materi yang tersedia
dalam buku paket tidak lengkap.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon peserta didik
terhadap media pembelajaran pop up book pada materi lafal huruf hijaiyah
bersambung di Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur dan 2) Tingkat
keefektifan pop up book terhadap hasil belajar peserta didik pada materi lafal
huruf hijaiyah bersambung di Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian
eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain pretestposttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara
lain: 1) Tes, 2) Angket (Kuesioner), dan 3) Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Respon peserta didik terhadap media pop up book berdasarkan
skor total ideal dari 4 indikator penilaian yang digunakan mendapatkan hasil
sebesar 68% dengan kategori kriteria media efektif. 2) Nilai rata-rata kelas kontrol
pada nilai post test meningkat 27,42 dan kelas eksperimen meningkat 45.
Persentase ketuntasan kelas kontrol meningkat 44,44% dan kelas eksperimen
meningkat 80,76%.