EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJA R PESERT A DI DIK PA DA MATER I LAFAL HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Fiani, Andrea Dhela
dc.date.accessioned 2023-06-15T03:19:49Z
dc.date.available 2023-06-15T03:19:49Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3177
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan keterampilan peserta didik dalam menuliskan huruf hijaiyah bersambung yang masih rendah bahkan jauh dari nilai KKM (<70). Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal di dalam kelas. Guru cenderung menggunakan media konvensional seperti buku paket dan papan tulis, sedangkan materi yang tersedia dalam buku paket tidak lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon peserta didik terhadap media pembelajaran pop up book pada materi lafal huruf hijaiyah bersambung di Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur dan 2) Tingkat keefektifan pop up book terhadap hasil belajar peserta didik pada materi lafal huruf hijaiyah bersambung di Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain pretestposttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Tes, 2) Angket (Kuesioner), dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Respon peserta didik terhadap media pop up book berdasarkan skor total ideal dari 4 indikator penilaian yang digunakan mendapatkan hasil sebesar 68% dengan kategori kriteria media efektif. 2) Nilai rata-rata kelas kontrol pada nilai post test meningkat 27,42 dan kelas eksperimen meningkat 45. Persentase ketuntasan kelas kontrol meningkat 44,44% dan kelas eksperimen meningkat 80,76%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject pop up book en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject lafal huruf hijaiyah bersambung en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJA R PESERT A DI DIK PA DA MATER I LAFAL HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account