Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
(X1), dan harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) yang dilakukan pada
Bengkel Motor JS Merdeka Timur Desa Tri Mulya Kecamatan Mukok
Kabupaten Sanggu. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Bengkel
Motor JS Merdeka Timur tahun 2021. Sampel yang dipakai 93 responden yang
dilakukan dengan teknik non probability.
Metode yang dipakai yakni metode asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Data yang dilakukan peneliti yakni data primer yang diambil
menggunakan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji
validitas menggunakan korelasi pearson dan uji reliabilitas memakai Alpha
Cronbach. Analisis yang dipakai yakni analisis jalur Regresi Berganda, uji
hipotesis menggunakan koefisien determinan (R2), uji parsial (uji t), dan uji
simultan (uji f). serta data dioleh menggunakan bantuan program SPSS 29.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan sebesar 19,6% terhadap kepuasan pelanggan,
variable harga berpengaruh secara signifikan sebesar 42,0% terhadap kepuasan
pelanggan, dan variable kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara
signifikan sebesar 76,2% terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya
23,8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.