Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari Strategi Pemasaran Syariah Toko Gerai
Soleha di Pontianak Barat dalam mempertahankan persaingan produk usahanya dan
muncul lah usaha yang dilakukan dalam mempertahankan persaingan produk
usahanya dengan Strategi Pemasaran yang sesuai dengan karakteristik pemasaran
syariah dalam proses penjualan dan menghadapi para pesaing sehingga membuat
Toko Gerai Soleha dapat berkembang dan semakin dikenal masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Strategi Pemasaran
yang digunakan oleh Toko Gerai Soleha di Pontianak Barat dalam mempertahankan
persaingan usahanya. 2) Untuk mengetahui kesesuaian Strategi Pemasaran Toko
Gerai Soleha di Pontianak Barat dalam memasarkan busana muslim perempuan
dengan karakteristik pemasaran syariah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
adalah Ibu Ipah Sida dan Ibu Fitri sedangkan triangulasi dari penelitian ini adalah
Kak Sri dan Mbak Dian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi
Pemasaran yang diterapkan Toko Gerai Soleha dalam mempertahankan persaingan
produk usahanya di Pontianak Barat adalah dari segi produk yang di jual memiliki
nilai guna yang baik karena toko gerai soleha sangat menjaga kualitas produk dan
produk-produk yang dijual pun mengikuti trend yang ada demi kepuasan
pelanggan. Dilihat dari segi harga toko gerai Soleha harga setiap produk yang dijual
di toko gerai soleha sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. 2) Strategi
Pemasaran toko gerai soleha di Pontianak Barat dalam memasarkan busana muslim
perempuan yang sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah adalah dalam
pelaksanaannya toko gerai soleha menerapkan karakteristik pemasaran syariah
yaitu ketuhanan (rabbaniyah) dengan cara menerapkan prinsip kejujuran,
etis(akhlaqiyyah) yang diterapkan di toko gerai Soleha sangat mengedepankan
masalah akhlak, moral dan etika dalam seluruh aspek kegiatannya, realistis(alwaqi’yyah) yang diterapkan di toko gerai soleha adalah dengan cara menjaga
penampilan dengan berpenampilan rapi dan sopan serta menjual barang dengan
harga yang jujur sesuai dengan kualitas barang dan tidak ada unsur penipuan dan
humanistis (al-insaniyyah) yang diterapkan di toko gerai soleha dengan cara tanpa
membeda-bedakan derajat manusia dan melayani pelanggan dengan ramah dan baik
tanpa memandang suku, ras dan warna kulit serta peduli dengan keadaan sosial dan
lingkungan sekitar.