Abstract:
Penelitian ini membahas tentang strategi usaha kecil dalam
mempertahankan usaha di era pandemi covid-19 pada Toko Pakaian ZM
Shop di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang. Tujuan penelitian ini
adalah : 1) Untuk mengetahui Strategi Pemasaran dari pelaku Usaha Kecil
pada Toko Pakaian ZM Shop dalam Menghadapi Era Pandemi Covid-19 di
Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang; 2) Untuk mengetahui Strategi
Pengelolaan Keuangan dari pelaku Usaha Kecil pada Toko Pakaian ZM
Shop dalam Menghadapi Era Pandemi Covid-19 di Kecamatan Sintang
Kabupaten Sintang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri
dari dua sumber, yaitu dari sumber primer dan sumber sekunder; 1) Sumber
data primer adalah Pemilik Toko Pakaian ZM Shop di Kecamatan Sintang;
2) Sumber data sekunder adalah buku-buku, jurnal, skripsi, dokumendokumen serta artikel yang berkaitan dengan masalah penelitian.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Strategi Usaha Kecil
dalam Mempertahankan Usaha di Era Pandemi Covid-19 Pada Toko
Pakaian ZM Shop di Kecamatan Sintang dengan Strategi Pemasaran yang
mencakup pada Segmentasi Pasar, Market Positioning, Market Entry
Strategy, Marketing Mix, serta Timing Strategy sudah dilakukan dengan
baik sesuai dengan teori yang telah dipaparkan. 2) Strategi Usaha Kecil
dalam Mempertahankan Usaha di Era Pandemi Covid-19 Pada Toko
Pakaian ZM Shop di Kecamatan Sintang Kabupate Sintang dengan Strategi
Pengelolaan Keuangan yang mencakup pada Perencanaan, Pencatatan,
Pelaporan serta Pengendalian belum berjalan dengan baik karena belum
sesuai dengan teori yang telah dipaparkan.