Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pengunjung Taman Inspirasi Strowberry Rasau Jaya 3,
pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung Taman Inspirasi Strowberry
Rasau Jaya 3, serta pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan
pengunjung Taman Inspirasi Strowberry Rasau Jaya 3. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel
yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji
simultan (uji f), serta uji koefisien determinasi (R2). Variabel yang menjadi
variabel independen atau variabel bebas adalah Kualiitas Pelayanan (X1) dan
Fasilitas (X2), serta variabel dependen atau variabel terikat Kepuasan Pengunjung
(Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas
secara parsial atau sendiri-sendiri berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.
Pada variabel kualitas pelayanan hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel
(11,311>1,985) dengan signifikasi 0,000<0,05. Pada variabel fasilitas dibuktikan
dengan nilai thitung > ttabel (4,525>1,985) dengan signifikasi 0,000<0,05. Secara
simultan atau bersama-sama kualitas pelayanan dan fasilitas juga berpengaruh
terhadap kepuasan pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel dengan
nilai Ftabel 3,09 sehingga Fhitung >Ftabel atau 274,187>3,09.