Abstract:
Teknologi internet yang semakin canggih mengakibatkan kegiatan jual
beli beralih secara online melalui e-commerce. Kehadiran e-commerce dengan
metode pembayaran yang disediakan akan lebih memudahkan justru mendorong
untuk berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan perilaku konsumen
yang bersifat irasional yang terbujuk dari pihak lain untuk membeli suatu barang
atau cenderung bersifat boros.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan ecommerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat kelurahan kapuas kanan hilir
sintang, 2) pengaruh kemudahan digital payment pada shopee terhadap perilaku
konsumtif masyarakat kelurahan kapuas kanan hilir sintang, 3) pengaruh
penggunaan e-commerce dan kemudahan digital payment pada shopee terhadap
perilaku konsumtif masyarakat Kelurahan Kapuas Kanan Hilir Sintang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik
pengambilan sampel menggunakan Non probality Sampling, dengan jumlah
responden 98 orang yang di ambil dari masyarakat Kelurahan Kapuas Kanan Hilir
Sintang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang
diolah menggunakan SPSS 23.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel penggunaan ecommerce (X1) menunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil
dari nilai tingkat signifikansi 0,05 (0,000<0,05) dan bernilai positif yaitu sebesar
0,683 atau 68,3%, 2) variabel kemudahan digital payment (X2) menunjukkan nilai
signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi yaitu
0,05 (0,000<0,05) dan bernilai positif yaitu sebesar 0,447 atau 44,7%, 3)
berdasarkan hasil uji simultan dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau
lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05 (0,000<0,05).
Berdasarkan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan nilai variabel
penggunaan e-commerce dan kemudahan digital payment yaitu sebesar 59,8%
sedangkan sisanya 40,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.