Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi masyarakat Muslim
Kota Pontianak terhadap sertifikasi halal pada produk makanan; 2) Dampak
sertifikasi halal terhadap keputusan konsumen Muslim dalam membeli produk
makanan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data
berasal dari data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian adalah para
konsumen Muslim dari berbagai kecamatan di Kota Pontianak. Data sekunder
diperoleh dari buku-buku, jurnal penelitian, artikel, dan dokumen yang berkaitan
dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya : 1) Persepsi konsumen
muslim mengenai sertifikasi halal sangat baik. Seluruh konsumen muslim di Kota
Pontianak yang diteliti oleh peneliti sudah mengetahui informasi mengenai
sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebagian
besar konsumen muslim kota Pontianak menyatakan bahwa sertifikasi halal pada
produk makanan sangat penting. Hal ini sebagai wujud menaati perintah agama
dengan mengonsumsi segala hal yang halal dan menjuahi segala yang diharamkan.
Namun ternyata masih ada konsumen muslim yang tidak terlalu memperhatikan
adanya sertifikasi halal saat membeli produk makanan; 2) Dampak yang dirasakan
konsumen Muslim kota Pontianak setelah melihat sebuah sertifikasi halal pada
sebuah produk makanan diantaranya mendapatkan rasa aman, rasa tenang, dan
menghilangkan keragu-raguan untuk membeli serta mengonsumsi produk tersebut.
Sertifikasi halal pada sebuah produk makanan memberikan keunggulan tersendiri
dibandingkan dengan produk makanan yang belum memiliki sertifikasi halal.
Konsumen Muslim Kota Pontianak percaya sertifikasi halal pada sebuah produk
makanan telah melewati uji coba serta proses yang sangat panjang untuk
membuktikkan kehalalan tersebut.