Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) keterampilan sosial
emosional peserta didik sebelum di terapkan metode pembelajaran bermain
peran di Tk Islamiyah Pontianak; 2) penerapan metode pembelajaran bermain
peran untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional peserta didik di Tk
Islamiyah Pontianak; 3) peningkatan keterampilan sosial emosional peserta
didik setelah di terapkan metode pembelajran bermain peran di Tk Islamiyah
Pontianak
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan pendekatan
kualitatif yaitu dua kelompok yang berbeda perlakuan. Sumber data primer
dan skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan
Teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam Teknik Analisis data yang
meliputi pengumpulan data, reduksi data, atau penarikan kesimpulan.
Peningkatan keterampilan sosial melalui metode bermain peran
sosiodrama dalam kegiatan pembelajaran Tk Islamiyah Pontianak ; 1) pada
kelas B4 untuk anak usia 5-6 Tahun terdiri dari 2 kelompok yang berbeda
perlakuan, kelompok pertama adalah kelompok yang di beri perlakuan
(eksperimen) dan kelompok ke dua adalah kelompok yang tidak diberi
perlakuan (control). 2) keterampialn sosial anak kelas B4 5-6 Tahun melalui
media bermian peran sosiodrama melalui aspek ekspresitivitas, sensitivitas,
dan kontrol. 3) peningkatan terlaksanakan dapat dinilai maupun ditinjau dari
penelitian, yaitu observasi yang dilakukan saat pratindakan, dan pelaksaan
tindakan.
Hasil penelitian memaparkan adanya peningkatan hasil bermain peran
siswa kelas B4 Tk Islamiyah keterampilan sosial yaitu empati, murah hati,
kerja sama, memberi bantuan. Data 8 peserta didik dapat disimpulkan
bahwa dari hasil perhitungan rata-rata terdapat 5 anak (62,5%) yang
dikategorikan Mulai berkembang (MB), 3 anak (37,5%) yang dikategorikan
Belum berkembang (BB).