PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN SOSIODRAMA PADA SISWA B4 TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Putri, Tasya Arsita
dc.date.accessioned 2023-05-16T03:51:06Z
dc.date.available 2023-05-16T03:51:06Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3009
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) keterampilan sosial emosional peserta didik sebelum di terapkan metode pembelajaran bermain peran di Tk Islamiyah Pontianak; 2) penerapan metode pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional peserta didik di Tk Islamiyah Pontianak; 3) peningkatan keterampilan sosial emosional peserta didik setelah di terapkan metode pembelajran bermain peran di Tk Islamiyah Pontianak Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan pendekatan kualitatif yaitu dua kelompok yang berbeda perlakuan. Sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam Teknik Analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, atau penarikan kesimpulan. Peningkatan keterampilan sosial melalui metode bermain peran sosiodrama dalam kegiatan pembelajaran Tk Islamiyah Pontianak ; 1) pada kelas B4 untuk anak usia 5-6 Tahun terdiri dari 2 kelompok yang berbeda perlakuan, kelompok pertama adalah kelompok yang di beri perlakuan (eksperimen) dan kelompok ke dua adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan (control). 2) keterampialn sosial anak kelas B4 5-6 Tahun melalui media bermian peran sosiodrama melalui aspek ekspresitivitas, sensitivitas, dan kontrol. 3) peningkatan terlaksanakan dapat dinilai maupun ditinjau dari penelitian, yaitu observasi yang dilakukan saat pratindakan, dan pelaksaan tindakan. Hasil penelitian memaparkan adanya peningkatan hasil bermain peran siswa kelas B4 Tk Islamiyah keterampilan sosial yaitu empati, murah hati, kerja sama, memberi bantuan. Data 8 peserta didik dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata terdapat 5 anak (62,5%) yang dikategorikan Mulai berkembang (MB), 3 anak (37,5%) yang dikategorikan Belum berkembang (BB). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject keterampilan sosial en_US
dc.subject metode bermain peran Tk Islamiyah Pontianak en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN SOSIODRAMA PADA SISWA B4 TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account