Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan
pendidikan karakter Anak Usia Dini di masa pandemi di Paud Harapan Kita di
Desa Sekubah Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu; 2) pelaksanaan
pendidikan karakter Anak Usia Dini di masa pandemi di Paud Harapan Kita di
Desa Sekubah Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu; 3) hambatan
pendidikan karakter Anak Usia Dini di masa pandemi di Paud Harapan Kita di
Desa Sekubah Kecematan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer
dalam data penelitian ini 2 orang guru yang merupakan guru kelas dan kepala
sekolah. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen RPPH. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumetasi. Dalam tenkik analisis data mengadopsi model Miles
dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data. Teknik
pemeriksaaan keabsahan data meliputi, perpanjangan pengamatan, triangulasi,
pengujian transferability, pengujian depenalty, pengujian konfirmability.
Strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter Anak Usia Dini di
masa pandemi di Paud Harapan Kita Desa Sekubah Kecamatan Selimbau
Kabupaten Kapuas Hulu: 1) pada kelas B untuk anak usia 5-6 tahun kegiatan
perencanaan pembelajaran menggunakan tahap awal, tahap bekumpul, inti, dan
tahap penutup; 2) pelaksanaan pendidikan karakter Anak Usia Dini kelas B usia 5-
6 tahun melalui guru menanamkan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras,
mandiri.