Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan metode
bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek kemampuan inisiatif di
kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022. 2)
penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek
bertanggung jawab atas tindakan di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah
tahun pelajaran 2021/2022. 3) penerapan metode bercerita dalam membangun
karakter mandiri pada aspek percaya diri di kelompok B Taman Kanak-kanak
Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru yang merupakan guru kelas dan
guru pendamping kelas B3 dan objeknya adalah 9 anak. Tekhnik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hal
ini, maka untuk memperoleh data yang jelas digunakan data observasi sebagai
metode pokok, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai metode
pendukung. Kemudian analisa data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa metode bercerita dalam mengembangkan karakter
mandiri anak usia dini sudah menunjukan hasil yang baik. Hal ini dikarenakan guru
merencanakan tema dan tujuan bercerita kepada anak sebelum proses belajar
mengajar.
Penerapan guru metode bercerita dalam membangun karakter mandiri anak
usia dini di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022:
1) Penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek
kemampuan inisiatif di kelompok B3 anak usia 5-6 tahun, guru menerapkan
rangcangan bercerita dengan menggunakan (RPPH) Permen atau Peraturan
Pemerintahan No 58 yang telah di buat untuk membangun kemampuan inisiatif
anak dalam kegiatan belajar yang divariasikan dengan media visual. 2) Penerapan
metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek bertanggung
jawab atas tindakan di kelompok B3 guru dalam menerapkan bercerita
menggunakan tanya jawab kepada anak tentang isi cerita yang telah disampaikan
serta menggunakan media di gambar buku cerita agar anak dapat lebih paham
tentang apa yang guru sampaikan. 3) Penerapan metode bercerita dalam
membangun karakter mandiri pada aspek percaya diri anak usia dini di kelompok
B3 guru mengajak anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan bercerita dengan anak
mengajukan beberapa pertanyaan sederhana dalam kegiatan bercerita menggunakan
media gambar cerita dan bernyayi.