PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, M. Edi
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Zulianti, Sufina
dc.date.accessioned 2023-05-16T02:49:34Z
dc.date.available 2023-05-16T02:49:34Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3006
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek kemampuan inisiatif di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022. 2) penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek bertanggung jawab atas tindakan di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022. 3) penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek percaya diri di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru yang merupakan guru kelas dan guru pendamping kelas B3 dan objeknya adalah 9 anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hal ini, maka untuk memperoleh data yang jelas digunakan data observasi sebagai metode pokok, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Kemudian analisa data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bercerita dalam mengembangkan karakter mandiri anak usia dini sudah menunjukan hasil yang baik. Hal ini dikarenakan guru merencanakan tema dan tujuan bercerita kepada anak sebelum proses belajar mengajar. Penerapan guru metode bercerita dalam membangun karakter mandiri anak usia dini di kelompok B Taman Kanak-kanak Islamiyah tahun pelajaran 2021/2022: 1) Penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek kemampuan inisiatif di kelompok B3 anak usia 5-6 tahun, guru menerapkan rangcangan bercerita dengan menggunakan (RPPH) Permen atau Peraturan Pemerintahan No 58 yang telah di buat untuk membangun kemampuan inisiatif anak dalam kegiatan belajar yang divariasikan dengan media visual. 2) Penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek bertanggung jawab atas tindakan di kelompok B3 guru dalam menerapkan bercerita menggunakan tanya jawab kepada anak tentang isi cerita yang telah disampaikan serta menggunakan media di gambar buku cerita agar anak dapat lebih paham tentang apa yang guru sampaikan. 3) Penerapan metode bercerita dalam membangun karakter mandiri pada aspek percaya diri anak usia dini di kelompok B3 guru mengajak anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan bercerita dengan anak mengajukan beberapa pertanyaan sederhana dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar cerita dan bernyayi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan Metode Bercerita en_US
dc.subject Karakter mandiri en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account