Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Dampak Penggunaan Gadget Pada
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 RT
004 RW 005 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur yang mana
perkembangan sosial emosional ialah kepekaan anak dalam memahami perasaan
orang lain ketika sedang berinteraksi dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) dampak negatif penggunaan gadget pada
perkembangan sosial emosional anak usia 3-6 tahun di masa pandemi RT. 004 RW.
005 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur; 2) dampak positif
penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak usia 3-6 tahun di
masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Sumber data primer dalam penelitian ini 5 orang tua yang memiliki anak berusia 3-
6 tahun. Sumber data skunder dari penelitian ini adalah referensi jurnal tentang
perkembangan sosial emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini mengadopsi model model Miles dan Huberman yang
meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data meliputi, uji kreabilitas, pengujian transferability,
pengujian depenability dan pengujian konfermability.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai Perkembangan sosial
emosional anak usia 3-6 tahun di RT 004 RW 005 kelurahan banjar serasan, dampak
negatif: 1) belum mampu mengendalikan diri 2) belum mampu bertanggung jawab
3) belum mampu menghargai. dampak positif: 1) mampu mengatur diri sendiri 2)
mampu menyesuaikan diri 3) mampu berbagi mainan 4) mampu menghargai hasil
karya temannya.