DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 RT 004 RW 005 KELURAHAN BANJAR SERASAN KECAMATAN PONTIANAK TIMUR 2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Salvia, Salvia
dc.date.accessioned 2023-05-16T02:40:44Z
dc.date.available 2023-05-16T02:40:44Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3005
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 RT 004 RW 005 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur yang mana perkembangan sosial emosional ialah kepekaan anak dalam memahami perasaan orang lain ketika sedang berinteraksi dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak usia 3-6 tahun di masa pandemi RT. 004 RW. 005 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur; 2) dampak positif penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak usia 3-6 tahun di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini 5 orang tua yang memiliki anak berusia 3- 6 tahun. Sumber data skunder dari penelitian ini adalah referensi jurnal tentang perkembangan sosial emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengadopsi model model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi, uji kreabilitas, pengujian transferability, pengujian depenability dan pengujian konfermability. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai Perkembangan sosial emosional anak usia 3-6 tahun di RT 004 RW 005 kelurahan banjar serasan, dampak negatif: 1) belum mampu mengendalikan diri 2) belum mampu bertanggung jawab 3) belum mampu menghargai. dampak positif: 1) mampu mengatur diri sendiri 2) mampu menyesuaikan diri 3) mampu berbagi mainan 4) mampu menghargai hasil karya temannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject gadget en_US
dc.subject sosial emosional en_US
dc.title DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 RT 004 RW 005 KELURAHAN BANJAR SERASAN KECAMATAN PONTIANAK TIMUR 2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account