Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam
mengembangkan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 2) Untuk
mengetahui prosedur pelaksanaan guru mempersiapkan media baru dalam pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 3) Untuk mengetahui media yang
dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 4)
Untuk mengetahui faktor pendukung guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Sumber data primer dalam penelitian ini 26 yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 16
guru yang merupakan guru kelas dan guru pendamping dari kelompok KB, A, dan
B, dan 10 orang tua peserta didik dari kelompok KB, A, dan B. sumber data
sekunder dalam penelitian ini ialah dokumen RPPH, lembar kerja peserta didik,
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik Analisis data mengangkat model
Miles dan Heburman yang meliputi pengumpulan data, uji kredibilitas, pengujian
pengujian transferability, pengujian dependability pengujian konfermability.
Kreativitas guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz Pontianak: 1) pengembangan media
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), membuat video pembelajaran, dan guru KBTK IT Al-Mumtaz Pontianak Mengembangkan penggunaan antara media
teknologi (media platform google meeting) dengan non teknologi (LKPD). 2)
Prosedur guru KB-TK IT Al-Mumtaz menyesuaikan Pengembangan media
dengan STPPA dan RPPH masing kelompok peserta didik 3) mengembangkan
media e-book creator (laptop, proyektor LCD dan speaker) dalam pembelajaran
sentra, Guru KB-TK IT Al-Mumtaz Pontianak menerapkan media ajar blended
learning, dan 4) Faktor pendukung guru KB-TK IT Al-Mumtaz dalam mengembangkan media pembelajaran daring adanya kesadaran secara personal guru dan
didukung dengan fasilitas memadai.