ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI KB-TK IT AL-MUMTAZ PONTIANAK KALIMANTAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Nisa, Farida Azizatun
dc.date.accessioned 2023-05-16T01:49:22Z
dc.date.available 2023-05-16T01:49:22Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3000
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 2) Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan guru mempersiapkan media baru dalam pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 3) Untuk mengetahui media yang dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. 4) Untuk mengetahui faktor pendukung guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini 26 yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 16 guru yang merupakan guru kelas dan guru pendamping dari kelompok KB, A, dan B, dan 10 orang tua peserta didik dari kelompok KB, A, dan B. sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah dokumen RPPH, lembar kerja peserta didik, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik Analisis data mengangkat model Miles dan Heburman yang meliputi pengumpulan data, uji kredibilitas, pengujian pengujian transferability, pengujian dependability pengujian konfermability. Kreativitas guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran daring di KB-TK IT Al-Mumtaz Pontianak: 1) pengembangan media LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), membuat video pembelajaran, dan guru KBTK IT Al-Mumtaz Pontianak Mengembangkan penggunaan antara media teknologi (media platform google meeting) dengan non teknologi (LKPD). 2) Prosedur guru KB-TK IT Al-Mumtaz menyesuaikan Pengembangan media dengan STPPA dan RPPH masing kelompok peserta didik 3) mengembangkan media e-book creator (laptop, proyektor LCD dan speaker) dalam pembelajaran sentra, Guru KB-TK IT Al-Mumtaz Pontianak menerapkan media ajar blended learning, dan 4) Faktor pendukung guru KB-TK IT Al-Mumtaz dalam mengembangkan media pembelajaran daring adanya kesadaran secara personal guru dan didukung dengan fasilitas memadai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kreativitas Guru en_US
dc.subject Media Pembelajaran Daring en_US
dc.title ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI KB-TK IT AL-MUMTAZ PONTIANAK KALIMANTAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account