PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZIG-ZAG TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS MIFTAHUL ULUM DESA SUNGAI ASAM KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Waqiah, Waqiah
dc.date.accessioned 2023-05-16T01:36:17Z
dc.date.available 2023-05-16T01:36:17Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2999
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan : (1) keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya pada materi Aku dan cita-citaku tanpa menggunakan media zig-zag. (2) keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya pada materi Aku dan cita-citaku setelah menggunakan media zig-zag. (3) pengaruh media zig-zag terhadap keterampilan membaca nyaring pada materi Aku dan cita-citaku. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yakni pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan pada saat pengumpulan data ialah tes performance keterampilan membaca nyaring (Psikomotor), observasi serta dokumentasi dengan proses kerjanya menggunakan uji empiris, uji normalitas dan uji hipotesis dengan berbantuan SPSS 16.0 kemudian dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data numerik yang berdasarkan uji statistik pada taraf signifikan 5% ataupun 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti dapat menyimpulkan di antaranya: (1) hasil keterampilan membaca tanpa menggunakan media zig-zag dengan memperoleh rata-rata 64,1 dengan kategori cukup baik, maka hasil ini belum bisa dikatakan memenui kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70, (2) pemberian treatment pada posttest dilakukan dengan menggunakan media zig-zag dengan nilai rata-rata 92,3 dengan kategori sangat baik. Maka hasil ini telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 pada materi Aku dan cita-citaku. (3) penerapan media zig-zag memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca nyaring dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media zig-zag terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh Media zig-zag en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Nyaring en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZIG-ZAG TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS MIFTAHUL ULUM DESA SUNGAI ASAM KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account