dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan : (1) keterampilan membaca nyaring peserta
didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya pada materi Aku dan
cita-citaku tanpa menggunakan media zig-zag. (2) keterampilan membaca nyaring peserta
didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya pada materi Aku dan
cita-citaku setelah menggunakan media zig-zag. (3) pengaruh media zig-zag terhadap
keterampilan membaca nyaring pada materi Aku dan cita-citaku.
Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Rancangan
penelitian yang digunakan yakni pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest
design. Instrumen yang digunakan pada saat pengumpulan data ialah tes performance
keterampilan membaca nyaring (Psikomotor), observasi serta dokumentasi dengan proses
kerjanya menggunakan uji empiris, uji normalitas dan uji hipotesis dengan berbantuan SPSS
16.0 kemudian dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data numerik yang berdasarkan uji
statistik pada taraf signifikan 5% ataupun 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti dapat menyimpulkan di antaranya: (1)
hasil keterampilan membaca tanpa menggunakan media zig-zag dengan memperoleh rata-rata
64,1 dengan kategori cukup baik, maka hasil ini belum bisa dikatakan memenui kriteria
ketuntasan minimal (KKM) 70, (2) pemberian treatment pada posttest dilakukan dengan
menggunakan media zig-zag dengan nilai rata-rata 92,3 dengan kategori sangat baik. Maka
hasil ini telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 pada materi Aku dan
cita-citaku. (3) penerapan media zig-zag memberikan pengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan membaca nyaring dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak
sedangkan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media zig-zag terhadap
keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Asam
Kabupaten Kubu Raya. |
en_US |