PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM JARINGAN PADA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Muskania, Ricka Tesi
dc.contributor.author Sofiawati, Tatik
dc.date.accessioned 2023-05-16T01:15:41Z
dc.date.available 2023-05-16T01:15:41Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2998
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) problematika perencanaan pembelajaran tematik secara daring pada kelas IV MIN 1 Pontianak; 2) problematika pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring pada kelas IV MIN 1 Pontianak; 3) problematika penilaian pembelajaran tematik secara daring pada kelas IV MIN 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data penelitian untuk mengetahui problematika guru dalam pembelajaran tematik secara daring yaitu Guru kelas IV (A, B, C dan D). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik wawancara dan alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) problematika perencanaan pembelajaran tematik secara daring ada empat yaitu Pertama, guru tidak sepenuhnya menggunakan Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. Kedua, memadukan mapel. Ketiga, guru lebih memilih dalam penyusunan RPP menggunakan buku pegangan guru saja sehingga kurang berpikir bagaimana mengaplikasikan yang sebenarnya. Keempat, aplikasi yang direncanakan untuk digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif; 2) problematika pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring ada delapan yaitu, Pertama, mengkondisikan peserta didik untuk memulai pembelajaran. Kedua, peserta didik susah dikontrol saat belajar. Ketiga, menyampaikan materi yang ditematikkan secara bersamaan dalam satu pertemuan kelas daring. Keempat, tidak semua punya HP. Kelima, tidak bisa memberikan pemahaman secara jelas kepada peserta didik karena jarak. Keenam, tidak efektif melakukan pembelajaran ilmiah. Ketujuh, pengumpulan tugas tidak tepat waktu. Kedelapan, terbatasnya kuota, jaringan yang tidak stabil dan terbatasnya waktu; 3) problematika penilaian pembelajaran tematik secara daring ada tiga yaitu Pertama, guru kesulitan menilai masing-masing mapel. Kedua, peserta didik melupakan tanggung jawabnya mengerjakan tugas yang diberikan. Ketiga, guru kesulitan menilai sikap peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.subject Dalam Jaringan en_US
dc.title PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM JARINGAN PADA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account