PENGARUH PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V MIS MIFTAHUL HUDA LANDAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Lindawati, Lindawati
dc.date.accessioned 2023-05-15T03:37:49Z
dc.date.available 2023-05-15T03:37:49Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2983
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di MIS Miftahul Huda Landak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan flipped classroom terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda Landak tahun ajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan melalui model pembelajaran flipped classroom dengan kelas kontrol yang diajarkan melalui metode ceramah tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda Landak tahun ajaran 2021/2022, (3) U,ntuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan flipped classroom terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda Landak tahun ajaran 2021/2022., Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Eksperimen. Adapun desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desain menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Huda Landak tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas (42 peserta didik). Sampel penelitian ini menggunakan Total Sampling yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi berupa silabus, RPP, serta foto-foto kegiatan penelitian untuk melengkapi hasil data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Flipped Classroom, Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V MIS Miftahul Huda Landak. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,026; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol (75,05>69,43) dan nilai signifikansi sebesar 0,014; dan (3) dari perhitungan uji N-Gain diketahui bahwa pengaruh penggunaan model flipped classroom sebesar 20,7057 atau sebesar 20,7%, termasuk dalam kategori rendah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model flipped classroom en_US
dc.subject hasil belajar dan lingkungan sahabat kita en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V MIS MIFTAHUL HUDA LANDAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account