dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik
kelas V di MIS Miftahul Huda Landak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan flipped classroom terhadap hasil belajar
tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda Landak tahun ajaran
2021/2022, (2) Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen yang diajarkan melalui model pembelajaran flipped classroom
dengan kelas kontrol yang diajarkan melalui metode ceramah tema 8 lingkungan
sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda Landak tahun ajaran 2021/2022, (3)
U,ntuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan flipped classroom
terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V MIS Miftahul Huda
Landak tahun ajaran 2021/2022.,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
Eksperimen. Adapun desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desain
menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini
adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Huda Landak
tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas (42 peserta didik). Sampel penelitian ini
menggunakan Total Sampling yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian,
yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol.
Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi berupa silabus, RPP, serta
foto-foto kegiatan penelitian untuk melengkapi hasil data penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka
peneliti menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan
Flipped Classroom, Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Kelas V MIS Miftahul Huda Landak. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi
sebesar 0,026; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang
diajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas kontrol
yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata
kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol (75,05>69,43) dan
nilai signifikansi sebesar 0,014; dan (3) dari perhitungan uji N-Gain diketahui
bahwa pengaruh penggunaan model flipped classroom sebesar 20,7057 atau
sebesar 20,7%, termasuk dalam kategori rendah. |
en_US |