dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
Bahasa Indonesia menggunakan media dadu pada peserta didik kelas 1 Mis AlIhsan Batu Ampar dan meningkatkan membaca suku kata dan kata dengan
menggunakan dadu sebagi berikut (1) Untuk mengatahui kemampuan membaca
pada peserta didik kelas 1 sebelum menggunakan media dadu dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di MI Al-Ihsan. (2) Untuk mengatahui kemampuan membaca
pada peserta didik kelas 1 sesudah menggunakan media dadu dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di MI Al-Ihsan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat
peningkatan yang signifikan kemampuan membaca pada peserta didik kelas 1
dengan menggunakan media dadu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI
Al-Ihsan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian dilakukan di Mis Al-Ihsan, dalam melakukan penelitian
tindakan kelas ini dibagi menjadi dua siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan beberapa teknik yaitu teknik pengumpulan data kualitatif dan
kuantitatif. Data kuantitatif meliputi tes yang digunakan sebelum dan sesudah
siklus dilaksanakan. Kemudian peneliti membandingkan nilai rata-rata dari siklus
I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan media dadu dapat meningkatkan membaca
suku kata dan kata. Pada siklus I 59,08% dan siklus II 67,67%. Peneliti
menerapkan media dadu yang sangat berguna untuk meningkatkan minat, antusias
dan kemampuan membaca suku kata dan kata peserta didik dalam proses
pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 1 Mis Al-Ihsan Batu Ampar. |
en_US |