Abstract:
Bank syariah sekarang banyak diminati oleh masyarakat khususnya
masyarakat muslim, untuk mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan nasabah
terhadap pihak bank, serta untuk menghadapi persaingan terhadap bank lain, bank
akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabahnya,
salah satu strategi yang digunakan yaitu dengan menerapkan pelayanan prima
terhadap nasabah, dengan ini maka nasabah dapat menjalin hubungan emosional
yang kuat dengan bank yang akhirnya dapat menciptakan sebuah loyaitas. Hal ini
membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait pelayanan prima
yang diberikan kepada nasabah prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : penerapan pelayanan prima pada nasabah prioritas berdasarkan
indikator pelayanan prima di BSI KCP Ayani 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini ialah salah
seorang staff dari BSI KCP Ayani 1 Pontianak, untuk memperoleh data yang
berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti menggunakan wawancara dengan
alat dokumentasi yakni pedoman wawancara serta pedoman observasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Berdasarkan keenam
indikator tersebut, bahwa pelayanan yang dilakukan oleh bank BSI KCP Ayani 1
Pontianak, sudah memenuhi standard dan memiliki respon positif dari beberapa
nasabah, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu di perbaiki atau
ditingkatkan lagi seperti jumlah staff yang kurang sehingga membuat nasabah
lama menunggu.