Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pembukaan
Rekening Online Pada Bank Syariah Terhadap Nasabah Bank Syariah
Indonesia, Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah produkproduk E-Banking. Peneliti sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana
pemahaman nasabah terhadap pembukaan rekening online
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, teknik pengumpulan data yang diperoleh adalah hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitianan ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi,
menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Data yang
diperoleh adalah hasil wawancara nasabah Bank Syariah Indonesia dan
customer service. Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia KC Jl.
Diponegoro, Darat Sekip, Kota Pontianak Kalimantan Barat.
Berdasarkan hasil penelitian ini pemahaman nasabah terhadap
pembukaan rekening online pada Bank Syariah Indonesia menggunakan
Internet Banking sangat baik untuk diterapkan dalam masa pandemi untuk
menjaga nasabah agar terjaga, nasabah terutama masyarakat mendapatkan
kemudahan dalam pembukaan rekening online. Hal-hal yang mengenai
pelayanan yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah Indonesia menjadi
faktor penentu agar terciptanya pelayanan yang baik untuk nasabah serta
adanya kepuasan dari nasabah. Perilaku nasabah dalam segi pelayanan yang
dilakukan dari pihak Bank sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan
Bank untuk memberikan pelayanan di masa pandemi covid-19