Abstract:
Peneliti ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, peneliti menemukan
bahwa: siswa datang terlambat, berkata kasar kepada temannya saat proses
pembelajaran dimulai, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, bahkan
banyak anak-anak tidak sopan seperti tidak hormat dan patuh pada guru, ribut
dalam kelas, bermain handphone di dalam kelas, membuang sampah
sembarangan, dan tidak mendengarkan guru menjelaskan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran
fenomena akhlak terpuji pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Negeri 2 Pontianak. 2) Penerapan Pembinaan Akhlak Terpuji Yang Dilakukan
Oleh Guru Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah
(MTs) Negeri 2 Pontianak. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Bagi Guru
Akidah AKhlak Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VIII DI Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Akidah Akhlak Kelas VIII
di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak. Peneliti ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif adalah data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan
bukan angka-angka. Sedangkan Teknik uji pengabsahan data yang digunakan
adalah: meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member chek.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Gambaran fenomena akhlak
terpuji pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak
dilakukan dengan cara: siwa yang datang terlambat akan diberikan peringatan
nasihat dan motivasi terlebih dahulu dan apabila yang datang terlambat secara
terus menerus akan diberikan sanksi berupa membaca al-Qur’an satu Juz dengan
adanya sanksi tersebut diharapkan siswa merasa jera supaya siswa yang
melanggar peraturan sekolah bisa disiplin dalam menghargai waktu. 2) Penerapan
Pembinaan Akhlak Terpuji Yang Dilakukan Oleh Guru Akidah Akhlak Pada
Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak dilakukan
dengan cara: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, dan
metode pemberian ganjaran. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Bagi Guru
Akidah AKhlak Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VIII DI Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak. Faktor pendukung dilakukan dengan cara:
adanya kesadaran dalam diri siswa, teladan dalam diri guru, dukungan orang tua,
sarana dan prasarana. Faktor penghambat yaitu: terbatasnya pengawasan pihak
sekolah, latar belakang yang berbeda, lingkungan sekolah, lingkungan siswa,
penyalah gunaan gadget, dan kurang waktu jam pelajaran.