Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Bagaimana
perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa covid-19 di SMP
Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun pelajaran 2021/2022. 2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa covid-
19 di SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun pelajaran
2021/2022. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada
masa covid-19 di SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun
pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif.
Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan analisis
interaktif yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian
dilakukan analisis data dengan menggunakan cara: pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, secara umum dapat
disimpulkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa covid-19
di SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun pelajaran
2021/2022 sudah terlaksana dengan baik, hal ini dilakukan berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi, yaitu: 1) perencanaan pembelajaran
meliputi menyiapkan RPP, media, dan sumber belajar. 2) pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan
inti, dan kegiatan penutup. 3) evaluasi pembelajaran meliputi strategi dan bentuk
penilaian.