Abstract:
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai peran guru dalam
Proses pembentukan akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)
1 Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah (1) Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak dalam proses Pembentukan
akhlak siswa kelas VI (2) Apa Saja metode-metode yang digunakan guru Aqidah
Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa kelas VI (3) Apa saja faktor
penghambat guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentuk akhlak siswa kelas VI .
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran
guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa kelas VI. (2) Untuk
mengetahui apa saja metode yang digunakan guru Aqidah Akhlak dalam proses
pembentukan akhlak siswa kelas VI. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor
penghambat guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa kelas
VI .
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.
Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
(verifikasi). Hasil yang dapat dilihat dari penelitian ini adalah bahwa guru sudah
cukup berperan aktif dalam proses pembentukan akhlak siswa.
Peran guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa antara
lain: (1) Guru sebagai teladan (contoh), yaitu guru selalu berusaha memberikan
keteladanan yang baik kepada siswa dengan pembiasaan disiplin, berpakain rapi,
dan selalu mengucapkan salam ketika akan masuk kelas. (2) Guru sebagai
pembimbing, yaitu guru membimbing siswa untuk selalu berakhlakul karimah
yaitu dengan pembiasaan mengucapkan salam, sapa, sopan dan santun dalam
kehidupan sehari-hari. (3) Guru sebagai penasehat, yaitu guru selalu memberikan
nasehat kepada siswa untuk selalu berakhlak mulia. (4) Guru sebagai motivator,
yaitu guru mengarahkan, mendorong, serta memelihara akhlak terpuji pada
siswanya. Memberikan motivasi untuk semangat dalam menuntut ilmu.
Adapun Metode yang digunakan guru Aqidah Akhlak dalam proses
pembentukan akhlak siswa yakni yang (1) Metode contoh atau keteladanan. (2)
Metode Pembiasaan. (3) Metode Kisah. (4) Metode Nasehat dan Bimbingan. (5)
Metode hukuman, metode ini dilakukan oleh guru ketika mendapati siswanya
yang melanggar peraturan dan berkelakuan yang kurang baik.
Adapun faktor yang menjadi penghambat guru Aqidah Akhlak dalam
proses pemembentuk akhlak siswa yaitu adalah faktor kepribadian siswa,
terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah, latar belakang siswa dan faktor dari
teman.