Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jauhnya siswa dari pemahaman tentang
akhlak kepada guru, sehingga masih banyak siswa yang memiliki akhlak kurang
baik kepada gurunya, untuk itu perlu diadakannya pembinaan akhlak siswa
kepada guru berdasarkan peran guru Akidah Akhlak untuk membentuk siswa
berakhlak mulia kepada gurunya. Karena itu, tujuan penelitian ini untuk
mendapatkan data dan mendeskripsikan 1) apa saja peran guru Akidah Akhlak
dalam membina Akhlak siswa kepada guru pada kelas XI di MAN 1 Pontianak, 2)
mengapa guru Akidah Akhlak harus berperan dalam membina akhlak siswa
kepada guru pada kelas XI di MAN 1 Pontianak, 3) bagaimana cara melakukan
peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa kepada guru pada kelas
XI di MAN 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitiannya di MAN 1 Pontianak. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Peran Yang Dilakukan Guru
Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak siswa kepada guru pada kelas XI di
MAN 1 Pontianak yaitu: Sebagai pembimbing, teladan, dan penasehat. 2) Alasan
guru Akidah Akhlak harus berperan dalam membina akhlak siswa kepada guru
pada kelas XI di MAN 1 Pontianak adalah karena dengan adanya peran dari guru
Akidah Akhlak diharapkan mampu menjadi dasar dari pembinaan akhlak siswa
kepada guru, melalui binaan guru Akidah Akhlak dan kerjasama dengan guruguru lainnya maka akan membentuk siswa yang memiliki akhlak baik kepada
gurunya. 3) Cara melakukan peran dalam membina akhlak siswa kepada guru
pada kelas XI di MAN 1 Pontianak yaitu: dengan membimbing siswa
mengucapkan salam kepada guru, membimbing siswa tentang adab dan tata krama
di depan guru, memberian contoh dan teladan tentang cara berakhlak dengan yang
lebih tua seperti akhlak kepada guru dan orang tua, memberikan nasehat positif
kepada siswa, dan memberikan saran serta masukan kepada siswanya.