Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan 1) Bagaimana
Langkah-Langkah Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan
Metode At-Tanzil di Pesantren Ainul Ulum Sungai Ambawang. 2) Apa saja
faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran membaca
Al-Qur’an dengan Metode At-Tanzil Di Pesantren Ainul Ulum ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas menggunakan penelitian
lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data yang
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan setelah dikurangi data
yang tidak perlu (Reduksi data) dikelompokkan sesuai dengan pertanyaan
penelitian kemudian dianalisa dan dibahas dengan menggunakan teori-teori
atau penyajian data (display data) kemudian penarikan kesimpulan
(verifikasi data) yang hasilnya dalam pelaksanaan metode at-tanzil ini
dilakukan satu kali tatap muka yakni pada ngaji sore.Dalam pelaksananya
terdapat tiga kegiatan yakni pembuka, inti dan penutup sedang medianya
lengkap yakni terdapat buku panduan dan media belajar seperti papan tulis,
kitab tanzil dan tajwid praktis.
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat
disimpulkan bahwa : 1. Langkah-langkah pelaksanaan metode at-tanzil
adalah terdiri dari tiga kegiatan didalamnya yakni a) Kegiatan awal meliputi
pendahuluan, pembukaan, pretest. b) Kegiatan Inti meliputi, penyajian
pembelajaran baru (الغرض) Kemudian (التطبیق) pengontrolan demonstrasi,
maju menulis bacaan di papan tulis, klasikal, baca simak hafalan. c)
Kegiatan Akhir meliputi, evaluasi,motivasi, berdoa,salam penutup.
2.Faktor Penghambat Metode At-Tanzil adalah : a) Motivasi Santri.
b) kecerdasan Santri. c) Akhlak Santri. d) Keluarga. e) Lingkungan belajar.f)
Kurangnya tenaga pengajar.
Faktor Pendukung Metode At-Tanzil Adalah: a) Guru yang bersertifikasi.
b) Media pembelajaran yang memadai, c) materi yang tersusun dan
terstruktur rapi, d) Jangka waktu yang singkat, e) Wisuda At-Tanzil.