PENERAPAN METODE AT-TANZIL DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AINUL ULUM SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.author Halimah, Halimah
dc.date.accessioned 2023-05-08T05:29:24Z
dc.date.available 2023-05-08T05:29:24Z
dc.date.issued 2022-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2893
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan 1) Bagaimana Langkah-Langkah Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode At-Tanzil di Pesantren Ainul Ulum Sungai Ambawang. 2) Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metode At-Tanzil Di Pesantren Ainul Ulum ? Untuk menjawab pertanyaan diatas menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan setelah dikurangi data yang tidak perlu (Reduksi data) dikelompokkan sesuai dengan pertanyaan penelitian kemudian dianalisa dan dibahas dengan menggunakan teori-teori atau penyajian data (display data) kemudian penarikan kesimpulan (verifikasi data) yang hasilnya dalam pelaksanaan metode at-tanzil ini dilakukan satu kali tatap muka yakni pada ngaji sore.Dalam pelaksananya terdapat tiga kegiatan yakni pembuka, inti dan penutup sedang medianya lengkap yakni terdapat buku panduan dan media belajar seperti papan tulis, kitab tanzil dan tajwid praktis. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Langkah-langkah pelaksanaan metode at-tanzil adalah terdiri dari tiga kegiatan didalamnya yakni a) Kegiatan awal meliputi pendahuluan, pembukaan, pretest. b) Kegiatan Inti meliputi, penyajian pembelajaran baru (الغرض) Kemudian (التطبیق) pengontrolan demonstrasi, maju menulis bacaan di papan tulis, klasikal, baca simak hafalan. c) Kegiatan Akhir meliputi, evaluasi,motivasi, berdoa,salam penutup. 2.Faktor Penghambat Metode At-Tanzil adalah : a) Motivasi Santri. b) kecerdasan Santri. c) Akhlak Santri. d) Keluarga. e) Lingkungan belajar.f) Kurangnya tenaga pengajar. Faktor Pendukung Metode At-Tanzil Adalah: a) Guru yang bersertifikasi. b) Media pembelajaran yang memadai, c) materi yang tersusun dan terstruktur rapi, d) Jangka waktu yang singkat, e) Wisuda At-Tanzil. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Metode At-Tanzil en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PENERAPAN METODE AT-TANZIL DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AINUL ULUM SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account