Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui problem guru
dalam proses pembelajaran daring, 2) mengetahui problem siswa dalam proses
pembelajaran daring, dan 3) mengetahui problem orang tua dalam proses
pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatakan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, siswa dan
orang tua siswa. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan
data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member
chek.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) jaringan internet kurang lancar, siswa kurang paham tentang materi,
dan interaksi siswa yang kurang aktif. 2) kurangnya waktu orang tua untuk
membimbing anaknya belajar dirumah dan kurang paham dengan materi. 3) siswa
kurang fokus terhadap materi, terlalu banyak memberikan tugas, dan
mengerjakannya kurang maksimal.