Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mendeskripsikan dan
menganalisis data tentang, 1. Kegiatan Tadarus Al-Quran di MA ArRaudhatul Islamiyah Peniti Luar. 2. Pelaksanaan Tadarus Al-Quran di MA
Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar 3. Internalisasi Nilai Karakter dalam
Tadarus Al-Quran di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Tahun Ajaran
2021/2022
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru mata pelajaran Qur’an Hadis
serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang
internalisasi Pendidikan nilai karakter dalam tadarus Al-Qur’an di MA ArRaudhatul Islamiyah Peniti Luar. 1. Kegiatan tadarus Al-Qur’an di MA ArRaudhatul Islamiyah Peniti Luar, Tes mengaji pada siswa sebelum kegiatan
tadarus untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an, Kegiatan
tadarus dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis, dimulai dari jam 07.00
sampai 07.10 dilakukan dikelas masing-masing menggunakan Salinan juz
amma yang disediakan, Pada hari Jumat, tepat setiap jam 7 pagi siswa
membaca surah Yasin di dalam kelas dan dipimpin oleh salah satu temannya,
Sebelum dimulai siswa membaca surah tersebut pembimbing menjelaskan
hukum bacaan dan membenarkan bacaan siswa yaitu mereka maju satu
persatu kedepan, yang sudah benar bacaannya juga membantu guru tersebut.
2. Pelaksanaan tadarus Al-Qur’an di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar
yaitu, a) pelaksanaan awal siswa masuk kelas pada saat bel berbunyi jam
07.00, siswa mengambil Al-Qur’an yang telas disediakan. b) salah satu siswa
maju kedepan untuk memimpin tadarus Al-Qur’an yang mana mana siswa
membaca surah-surah pilihan pada juz 30 yang telah ditentukan dan. c) di
tutup dengan membaca doa penutup majelis. 3. Internalisasi Pendidikan nilai
karakter dalam tadarus Al-Qur’an di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar
yaitu menanamkan nilai-nilai karakter seperti Religius, Jujur, Toleransi,
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Komunikatif, Cinta
damai, Gemar membaca, Peduli sosial, dan Tanggung jawab. Dalam proses
pelaksanaan nya Membaca Al-Qur’an dengan menggunakan jenis bacaan
tartil, Mengenalkan huruf Al-Qur’an bagi peserta didik yang belum bisa
membaca Al-Qur’an, dan Memperbaiki bacaan atau tajwid.