Abstract:
Kualitas produk dan harga merupakan salah satu faktor penting yang
mampu mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari kualitas
produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kartu paket internet
Telkomsel pada mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2018 IAIN
Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
jenis penelitian berupa penelitian populasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui aplikasi whatsapp ke seluruh
kelas Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2018. Alat analisis data menggunakan
SPSS versi 25 for windows. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) untuk variabel kualitas produk
menghasilkan nilai thitung (3,762)> ttabel (2,00) dan signifikansi 0,00<0,05,
artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. 2) untuk variabel harga
menghasilkan nilai thitung (4,422)>ttabel (2,00) dan signifikansi 0,00<0,05,
artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. 3) kualitas produk dan
harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan Tingkat
kemampuan variabel kualitas produk dan harga dalam mempengaruhi variabel
keputusan pembelian sebesar 54,6% sedangkan 45,4% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti.