Abstract:
Di era globalisasi saat ini kita tidak asing lagi dengan namanya
produk impor. Produk impor sudah bukan hal langka bagi masyarakat di
Indonesia salah satunya adalah kota Pontianak. Produk impor yang dijual
adalah makanan dalam kemasan dimana ada beberapa tempat terutama di
pontianak yang menyediakan barang tersebut. salah satu konsumen yang
mengkonsumsi snack impor adalah mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 FEBI
IAIN Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh label halal
terhadap konsumsi snack impor pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN
Pontianak. 2) Pengaruh cita rasa terhadap konsumsi snack impor pada
mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak. 3) Pengaruh Harga terhadap
konsumsi snack impor pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak.
4) Pengaruh label halal, cita rasa, dan harga secara simultan terhadap
konsumsi snack impor pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode simple random sampling dan jumlah sampel yang diambil adalah 59
responden yang merupakan mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018
IAIN Pontianak. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis
regresi linear berganda didukung dengan uji statistic menggunakan bantuan
aplikasi software SPSS 25.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Label halal
berpengaruh secara signifikan terhadap konsumsi snack impor dengan nilai
sig sebesar 0,009<0,05 dan bernilai negatif yaitu -2,727. (2) Cita rasa
berpengaruh secara signifikan terhadap konsumsi snack impor dengan nilai
sig sebesar 0,027<0,05 dan bernilai positif 2,266. (3) Harga berpengaruh
secara signifikan terhadap konsumsi snack impor dengan nilai sig sebesar
0,029<0,05 dan bernilai positif yaitu 2,247. (4) Label halal, cita rasa, dan
harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap konsumsi snack
impor dengan nilai sig sebesar 0,001<0,05 dan bernilai positif yaitu 6,788.