Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas penggunaan e-wallet
sebagai media transaksi di kalangan mahaiswa; 2) apa saja kendala mahasiswa
dalam penggunaan e-wallet; 3) dampak penggunaan terhadap konsumsi mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian berasal dari data primer dan sekunder. Data primer merupakan hasil dari
observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mahasiswa jurusan Ekonomi
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017 dan data sekunder
berasal dari buku-buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya: 1) efektivitas
penggunaan e-wallet sebagai media transaksi di kalangan mahasiswa menunjukkan
penilaian yang positif dari mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan pencapaian
tujuan, integrasi, dan adaptasi. Pencapaian tujuan mahasiswa menggunakan ewallet adalah di mana dengan adanya e-wallet memberikan berbagai kemudahan
sebagai media transaksi. e-wallet telah terintegrasi pada berbagai bank yang ada,
sehingga memudahkan masyarakat melakukan pembayaran. Selain itu, efektivitas
lainnya dari e-wallet ini adalah telah bekerja sama dengan berbagai merchant dan
keberhasilan adaptasi e-wallet sebagai media transaksi dapat dilihat dari terus
meningkatnya jumlah penggunaan e-wallet dan menjadi sebuah tren baru di
masyarakat; 2) kendala yang mahasiswa alami dalam penggunaan e-wallet adalah
biaya admin dan juga terbatasnya gerai toko yang bekerja sama dengan pihak
aplikasi e-wallet; 3) Dampak yang dirasakan oleh mahasiswa dengan penggunaan
e-wallet sebagai media transaksi. Pertama adalah faktor budaya, mereka sudah
terbiasa dalam bertransaksi sehari-hari dengan menggunakan e-wallet dari pada
uang tunai. Kedua faktor sosial mempengaruhi tindak konsumsi berasal dari adanya
pengaruh lingkungan tempat tinggal utamanya dari pengaruh teman sebaya. Ketiga
faktor pribadi, e-wallet merupakan produk modernsasi sehingga usia dan siklus
hidup sangat berpengaruh pada penggunaannya. Dan terakhir faktor psikologis
mempengaruhi tindak konsumsi yang dilakukan selama menggunakan e-wallet
sebagai media transaksi karena adanya persepsi iklan dari e-wallet yang
menawarkan layanan dan fasilitas terbaik dengan promosi